Bridging the Gap: Sinergi, Koneksi dan Konvergensi

Dalam wacana keseharian, kita kerap mendengar beberapa orang beranggapan bahwa teori selalu bertentangan dengan praktik. Beberapa yang lain juga berargumen bahwa apa yang diajarkan di sekolah-sekolah tidak pernah sama dengan yang terjadi di dunia nyata. Argumen-argumen tersebut muncul karena adanya stigma di masyarakat bahwa akademisi dan praktisi berada dalam sebuah oposisi biner yang seolah-olah tidak akan pernah bertemu.

Padahal, akademisi dan praktisi sebenarnya bisa bekerja sama dan saling melengkapi satu sama lain dalam bidang-bidang yang mereka tekuni. Bahkan, mereka bisa juga saling belajar untuk memperkaya ilmu pengetahuan. Adalah sinergi, yang harus diciptakan di antara akademisi dan praktisi juga siapa saja yang terlibat atau berkecimpung dalam kajian tertentu.

Sinergi menjadi kunci penting, apalagi dalam dunia yang makin sarat koneksi dan konvergensi seperti sekarang ini. Dengan adanya sinergi, setiap orang bisa saling bekerja sama untuk memajukan ilmu pengetahuan yang dimiliki dan memperluas pemikiran dan gagasan sehingga tidak terjebak pada fanatisme sempit atau anggapan bahwa ilmunya lebih baik dari ilmu yang lain.

Menyadari hal tersebut, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, bermaksud mengadakan serangkaian acara bertajuk Comicos (Conference on Media, Communications and Sociology) dengan mengusung tema “Bridging the Gap: Sinergi, Koneksi, dan Konvergensi”. Acara ini akan terbagi menjadi beberapa bentuk kegiatan yaitu seminar nasional, kelas praktisi dan call for paper.

Comicos sendiri merupakan acara tahunan yang sebelumnya dikenal dengan istilah Communications Mini Conference for Students dan pertama kali digelar pada 23 November 2013. Sebelumnya acara ini hanya ditujukan khusus bagi mahasiswa, baik S1, S2 maupun S3, dengan maksud memberikan ruang bagi para mahasiswa untuk saling bertukar pikiran mengenai isu-isu komunikasi terbaru dan permasalahannya. Mulai tahun 2014 dan seterusnya, acara ini akan menggunakan istilah yang baru yaitu Conference on Media, Communications and Sociology dan menawarkan konsep yang berbeda dari pendahulunya.

Harapannya, kegiatan ini bisa menjadi forum bagi para peminat kajian media, ilmu komunikasi dan sosiologi untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengetahuan serta gagasan dan tentu saja bersinergi demi kemajuan bidang yang diminati. Selain itu, kami juga berharap bahwa acara ini bisa memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin belajar dan berbagi pengetahuan khususnya di bidang media, ilmu komunikasi dan sosiologi karena kami percaya, ilmu dan pengetahuan akan bermanfaat lebih banyak apabila dibagi bersama orang lain.

 

Salam COMICOS UAJY!

Leave a Reply

Your email address will not be published.