Petunjuk Penulisan Full Paper untuk COMICOS UAJY 2014

1.  Artikel ditulis dengan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan panjang 5000 kata (plus minus 10%). Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman ukuran 12 pts, spasi ganda, marjin standar.

2. Sistematika artikel hasil penelitian adalah judul, nama penulis (disertai alamat institusi dan alamat e-mail), abstrak (disertai kata kunci), pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, simpulan, dan daftar rujukan.

3. Sistematika artikel konseptual adalah judul, nama penulis (disertai alamat institusi dan alamat e-mail), abstrak (disertai kata kunci), pendahuluan, bagian inti/pembahasan yang berisi sub-judul-sub-judul (sesuai kebutuhan), simpulan, dan daftar rujukan.

4. Judul artikel dalam Bahasa Indonesia tidak lebih dari 12 kata, sedangkan dalam Bahasa Inggris tidak lebih dari 10 kata. Judul ditulis rata tengah, dengan ukuran huruf 16 pts.

5. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama dan alamat lembaga asal, serta ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat e-mail. Biodata singkat penulis dan identitas penelitian dicantumkan sebagai catatan kaki dalam halaman pertama naskah.

6. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak 75-100 kata, disertai kata kunci sejumlah 3-5 kata. Abstrak minimal berisi masalah, tujuan, metode/konsep, dan hasil penelitian/pembahasan.

7. Bagian pendahuluan untuk artikel hasil penelitian berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Bagian pendahuluan untu artikel konseptual berisi paparan acuan konteks permasalahan berisi hal-hal menarik (kontroversial, belum tuntas, dan perkembangan baru) dan rumusan singkat hal-hal pokok yang akan dibahas.Bagian pendahuluan tidak perlu diberi sub-judul PENDAHULUAN.

8. Bagian metode berisi paparan alam bentuk paragraf tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data, dan analisis data yang secara nyata dilakukan peneliti.

9. Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan pembandingan dengan teori dan/atau hasil penelitian sejenis.

10. Bagian inti/pembahasan untuk artikel konseptual berisi paparan telaah/pemikiran penulis yang bersifat analitis, argumentatif, logis, dan kritis. Paparan pembahasan memuat pendirian/sikap penulis atas masalah yang dikupas.

11. Bagian simpulan berisi temuan penelitian atau analisis konseptual yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan. Simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.

12. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk di dalam artikel, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan.

13. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: Baran (2009: h. 45).

14. Daftar rujukan disusun dengan tata cara yang merujuk APA Style edisi ke 6.

 

Salam,

Panitia COMICOS UAJY 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published.