Tentang Tema Tahun Ini: “Bridging The Gap: Sinergi, Koneksi, dan Konvergensi”

Barangkali masih ada yang belum jelas mengenai apa yang dimaksud sebenarnya dengan tema tahun ini: “Bridging The Gap: Sinergi, Koneksi, dan Konvergensi”.

Bridging the Gap yang dimaksud dalam tema ini adalah menjembatani kesenjangan-kesenjangan dalam ranah media, ilmu komunikasi dan/atau sosiologi melalui sinergi, koneksi atau konvergensi. Kesenjangan ini bisa berarti kesenjangan antar profesi, semisal antara akademisi dan praktisi, kesenjangan antara masyarakat golongan A dengan golongan B, kesenjangan antara realitas media dan realitas sosial, kesenjangan antara pemimpin dan masyarakat, dan sejenisnya.

Dapat juga diartikan sebagai kesenjangan antara lokal dan internasional, akses informasi masyarakat rural dan urban, gap kebijakan pemerintah dengan kebutuhan masyarakat, antara regulasi dan implementasi dan juga gap antara konten media dengan kebutuhan audiens.

Intinya, adalah kurang lebih mengenai bagaimana menciptakan sinergi/koneksi antara yang berkesenjangan itu, agar bisa menjadi peleburan yang apik di tengah tuntutan jaman yang semakin konvergen ini.

Begitu yang diniatkan oleh panitia COMICOS UAJY 2014. Apabila dirasa ada yang belum jelas, silahkan hubungi kami ya, lewat website ini, twitter, Facebook, email atau apapun yang nyaman untuk teman-teman semua.

Salam COMICOS UAJY!

Leave a Reply

Your email address will not be published.